Dunia
wirausaha atau istilah kerennya
entrepreneurship sepertinya sedang berkembang akhir-akhir ini. Banyaknya
bisnis-bisnis baru, mulai dari bisnis berbasis online
hingga waralaba kini mulai menjamur, terutama di kota-kota besar. Nah, bagi Anda
yang saat ini sudah memiliki ide usaha dan sedang bingung menentukan tempat
usaha atau mungkin sudah mulai berburu iklan jual ruko di jalan-jalan atau di media, simak tips berikut ini:
1. Sesuaikan
dengan strategi bisnis
Jika Anda sudah memiliki ide bisnis, buatlah strategi bisnis Anda dan
jadikanlah itu sebagai patokan untuk menentukan tempat usaha. Dalam memilih
tempat usaha kita harus menyesuaikan dengan sasaran pasar (segment), Contohnya
adalah tingkat pendapatan masyarakat. Semakin tinggi tingkat pendapatan
masyarakat, semakin tinggi pula daya beli mereka. Jika produk kita memiliki
harga yang tinggi, tentu kurang sesuai jika tempat usaha yang kita miliki
berada di daerah yang pendapatan penduduknya rendah. Contoh lain adalah tingkat
kepadatan penduduk di sekitar tempat usaha. Jika kita memilih tempat usaha di
daerah yang jarang penduduk atau sulit sarana transportasinya, kemungkinan
konsumen yang datang akan lebih sedikit. Pemilihan tempat usaha sebaiknya juga
memperhatikan keramaian dan gaya hidup orang-orang di sekitar lokasi. Misalkan
usaha milik kita adalah waralaba makanan ringan, tentunya akan lebih potensial
jika tempat usaha adalah lokasi yang ramai pejalan kaki atau di tempat yang
memungkinkan orang akan membeli makanan ringan.
2. Kondisi Tempat Usaha
2. Kondisi Tempat Usaha
Kondisi tempat usaha adalah aspek sepele tapi sangat manjur untuk
menarik pelanggan. Kondisi yang aman tentunya akan membuat konsumen tidak ragu
untuk datang ke tempat usaha Anda. Anda sendiri juga memiliki risiko kejahatan
yang lebih kecil. Kondisi penunjang lainnya adalah tempat usaha yang bersih.
Jika tempat usaha Anda selalu terjaga kebersihannya, tentu konsumen akan lebih
nyaman berada di tempat usaha Anda.
3. Pertimbangkan
biaya operasional
Tempat usaha di lokasi yang ramai dan mudah di jangkau tentunya menjadi
impian semua wirausahawan. Apalagi kalau harga sewa tempat usaha murah. Sayangnya, tempat
usaha yang strategis biasanya memiliki harga yang sangat tinggi. Tapi, jika
Anda sangat menginginkannya dan mampu untuk membeli, pertimbangkan juga biaya
operasionalnya seperti biaya sewa ruko, pajak, listrik, dan air, apakah biaya
operasional yang akan kita keluarkan sebanding dengan fasilitas yang diberikan
oleh tempat usaha, misalkan luas tempat usaha, keamanan dan lain-lain.
4. Jangan
lupakan persaingan (kompetitor)
Persaingan bisnis itu pasti ada. Sebelum memilih tempat usaha, lihat
juga usaha yang dimiliki orang lain di sekitar lokasi Anda. Banyaknya usaha
lain di sekitar, bisa jadi akan membuat keadaan yang ramai pengunjung, misalkan
saja di pasar atau mall. Tapi, jangan lupa untuk melihat jenis usaha di sekitar
tempat usaha Anda. Jika usaha di sekitar sama dengan jenis usaha Anda, adalah
tantangan bagi Anda untuk melakukan inovasi agar produk Anda berbeda dari usaha
di sekitar Anda.
5. Berpikirlah
untuk prospek jangka panjang
Jika Anda ingin usaha Anda berjalan selama beberapa tahun ke depan,
perhatikan juga prospek bisnis jangka panjang di tempat usaha Anda. Mungkin
saat ini usaha Anda sedang berkembang pesat. Tapi, apakah rencana pembangunan
lima tahun ke depan di sekitar tempat usaha Anda akan membuat perubahan pada
bisnis Anda?
Tempat usaha yang dirasa stategis bukanlah jaminan usaha Anda akan berjalan lancar, begitu pula sebaliknya. Semua kembali pada daya upaya Anda untuk memutar roda kehidupan bisnis Anda. Pilihlah tempat yang Anda rasa paling sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Tempat usaha yang Anda pilih mungkin memberikan rejeki yang melimpah bagi Anda. Tapi, jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Sang Pemberi Rejeki.
Sumber:
mantaaapss
BalasHapuswww.toku.id