Senin, 08 Februari 2016

5 Pertimbangan Memilih Tempat Usaha

Dunia wirausaha atau istilah kerennya entrepreneurship sepertinya sedang berkembang akhir-akhir ini. Banyaknya bisnis-bisnis baru, mulai dari bisnis berbasis online hingga waralaba kini mulai menjamur, terutama di kota-kota besar. Nah, bagi Anda yang saat ini sudah memiliki ide usaha dan sedang bingung menentukan tempat usaha atau mungkin sudah mulai berburu iklan jual ruko di jalan-jalan atau di media, simak tips berikut ini: 

1. Sesuaikan dengan strategi bisnis 
Jika Anda sudah memiliki ide bisnis, buatlah strategi bisnis Anda dan jadikanlah itu sebagai patokan untuk menentukan tempat usaha. Dalam memilih tempat usaha kita harus menyesuaikan dengan sasaran pasar (segment), Contohnya adalah tingkat pendapatan masyarakat. Semakin tinggi tingkat pendapatan masyarakat, semakin tinggi pula daya beli mereka. Jika produk kita memiliki harga yang tinggi, tentu kurang sesuai jika tempat usaha yang kita miliki berada di daerah yang pendapatan penduduknya rendah. Contoh lain adalah tingkat kepadatan penduduk di sekitar tempat usaha. Jika kita memilih tempat usaha di daerah yang jarang penduduk atau sulit sarana transportasinya, kemungkinan konsumen yang datang akan lebih sedikit. Pemilihan tempat usaha sebaiknya juga memperhatikan keramaian dan gaya hidup orang-orang di sekitar lokasi. Misalkan usaha milik kita adalah waralaba makanan ringan, tentunya akan lebih potensial jika tempat usaha adalah lokasi yang ramai pejalan kaki atau di tempat yang memungkinkan orang akan membeli makanan ringan.  
2. Kondisi Tempat Usaha
Kondisi tempat usaha adalah aspek sepele tapi sangat manjur untuk menarik pelanggan. Kondisi yang aman tentunya akan membuat konsumen tidak ragu untuk datang ke tempat usaha Anda. Anda sendiri juga memiliki risiko kejahatan yang lebih kecil. Kondisi penunjang lainnya adalah tempat usaha yang bersih. Jika tempat usaha Anda selalu terjaga kebersihannya, tentu konsumen akan lebih nyaman berada di tempat usaha Anda. 
3. Pertimbangkan biaya operasional 
Tempat usaha di lokasi yang ramai dan mudah di jangkau tentunya menjadi impian semua wirausahawan. Apalagi kalau harga sewa tempat usaha  murah. Sayangnya, tempat usaha yang strategis biasanya memiliki harga yang sangat tinggi. Tapi, jika Anda sangat menginginkannya dan mampu untuk membeli, pertimbangkan juga biaya operasionalnya seperti biaya sewa ruko, pajak, listrik, dan air, apakah biaya operasional yang akan kita keluarkan sebanding dengan fasilitas yang diberikan oleh tempat usaha, misalkan luas tempat usaha, keamanan dan lain-lain.
4. Jangan lupakan persaingan (kompetitor) 
Persaingan bisnis itu pasti ada. Sebelum memilih tempat usaha, lihat juga usaha yang dimiliki orang lain di sekitar lokasi Anda. Banyaknya usaha lain di sekitar, bisa jadi akan membuat keadaan yang ramai pengunjung, misalkan saja di pasar atau mall. Tapi, jangan lupa untuk melihat jenis usaha di sekitar tempat usaha Anda. Jika usaha di sekitar sama dengan jenis usaha Anda, adalah tantangan bagi Anda untuk melakukan inovasi agar produk Anda berbeda dari usaha di sekitar Anda. 
5. Berpikirlah untuk prospek jangka panjang 
Jika Anda ingin usaha Anda berjalan selama beberapa tahun ke depan, perhatikan juga prospek bisnis jangka panjang di tempat usaha Anda. Mungkin saat ini usaha Anda sedang berkembang pesat. Tapi, apakah rencana pembangunan lima tahun ke depan di sekitar tempat usaha Anda akan membuat perubahan pada bisnis Anda?

Tempat usaha yang dirasa stategis bukanlah jaminan usaha Anda akan berjalan lancar, begitu pula sebaliknya. Semua kembali pada daya upaya Anda untuk memutar roda kehidupan bisnis Anda. Pilihlah tempat yang Anda rasa paling sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Tempat usaha yang Anda pilih mungkin memberikan rejeki yang melimpah bagi Anda. Tapi, jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Sang Pemberi Rejeki.

Sumber:

1 komentar: